Masa Kehamilan Menurut Islam

masa kehamilan
Trimester I, II, dan III

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ. أَمَّا بَعْدُ
Pada edisi kali ini Insya Allah kami akan memaparkan penjelasan yang berkaitan masa kehamilan. Sebelum itu berikut ini diberikan pengertian kehamilan.

Kehamilan secara bahasa berasal dari kata “haamil” yang berarti membawa, diinginkan dengannya adalah seorang wanita yang ia membawa apa yang ada di dalam kandungannya dalam masa tertentu dan pada usia tertentu, Alloh Ta’ala berkata tentang Ummu ‘Isa Maryam Ash-Shiddiqoh Rodhiyallohu ‘Anha:

{فَحَمَلَتْهُ فَانْتَبَذَتْ بِهِ مَكَانًا قَصِيًّا} [مريم : 22]

“Maka ia mengandungnya, lalu ia mengasingkan diri dengannya ke tempat yang jauh (dari keramayan manusia).” (QS: Maryam: 22)

Kehamilan secara istilah adalah masa dimulai dari konsepsi (bertemunya sel telur dan sperma yang akhirnya hidup, tumbuh dan berkembang menjadi janin) sampai lahirnya janin, dan lama kehamilan normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir.

Dari masa kehamilan ini memiliki tiga tahapan, yaitu:

Pertama: Trimester I, merupakan tiga bulan pertama kehamilan yang dihitung dari bulan pertama hingga bulan ketiga kehamilan. Trimester ini merupakan tahapan terpenting karena organ-organ janin mulai terbentuk, ini berdasarkan dalil yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhoriy dan Muslim dari hadits Abdillah bin Mas’ud Rodhiyallohu ‘Anhu, beliau berkata:

حَدَّثَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوقُ قَالَ إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا ثُمَّ يَكُونُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُونُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَبْعَثُ اللهُ مَلَكًا فَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ وَيُقَالُ لَهُ اكْتُبْ عَمَلَهُ وَرِزْقَهُ وَأَجَلَهُ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيدٌ ثُمَّ يُنْفَخُ فِيهِ الرُّوحُ

“Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam telah menceritakan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan, beliau berkata: “Sesungguhnya salah seorang di antara kalian dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya selama 40 hari, kemudian dia menjadi segumpal darah selama (40 hari) itu, lalu dia menjadi sekerat daging (40 hari) itu, kemudian Alloh mengutus malaikat lalu diperintahkan dengan 4 kalimat dan dikatakan kepadanya: “Tulislah amalannya, rizkinya, ajal kematiannya, penderitaan dan kebahagian, kemudian ditiupkan ruh padanya.”

Pada kehamilan di tiga bulan pertama ini bagi wanita hamil hendaknya benar-benar menjaga kandungannya.

Kedua: Trimester II, merupakan tiga bulan kedua kehamilan yang dihitung dari bulan keempat hingga bulan keenam kehamilan. Pada trimester ini, organ-organ janin sudah mulai lengkap, gerakan janin pun sudah mulai bisa dirasakan. Wanita hamil pada trimester ini sudah mulai beradaptasi dengan kehamilannya.

Ketiga: Trimester III, merupakan tiga bulan terakhir kehamilan yang dihitung dari bulan ketujuh hingga bulan kesembilan kehamilan. Tahap trimester ini merupakan tahap akhir dari kehamilan.

Sumber: Dikutip dari artikel Ada Apa dengan Kehamilan

Komentar